Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Dengan Jawaban Terbaik

Contoh pertanyaan wawancara kerja - Hai sahabat blogger kembali berjumpa lagi pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan 10 Pertanyaan Yang biasa keluar pada saat kita melakukan sebuah test wawancara  kerja.

Tentunya masing-masing orang pastinya memiliki jawaban yang tidak sama, tetapi alangkah baiknya apabila setiap pertanyaan yang di berikan kepada kita dapat kita jawab secara baik dan benar.Banyak sekali bagi para calon pencari pekerjaan gagal pada sesi test wawancara.

Berikut Ini Adalah Beberapa Faktor Yang Membuat Test Interview Kita Gagal :

1.Kurang percaya diri 

Terkadang pada saat kita melakukan sebuah test wawancara kerja kita kurang percaya diri hal ini di sebabkan karena tidak adanya persiapan secara matang atau kita terlalu kurang percaya kepada kemampuan yang kita miliki.Alangkah baiknya lakukan pemanasan kecil sebelum kita melakukan test wawancara kerja.

2.Datang tidak tepat waktu

Perusahaan akan memberikan kesimpulan bahwa kita calon pekerja tersebut bukanlah orang  yang disiplin waktu, jadi sebisa mungkin apabila kita akan melakukan test interview sebaiknya kita datang sebelum 15 menit agar kita tidak terlambat pada saat nama kita di panggil.

3.Pakain tidak rapi

4.Jawaban yang kurang tepat

6.Menjawab pertanyaan tidak sesuai dengan data fakta yang ada

7.Terlalu bertele-tele

8.Mengucapkan kata-kata yang kurang sopan

9.Tidak mengucapkan salam

Dari data di atas tentunya anda akan mendapat sedikit gambaran tentang perisiapan apa saja yang harus di lakukan ketika melakukan proses interview kerja.

Berikut ini saya akan memberikan 10 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Dengan Jawaban Terbaik silakan anda simak dengan seksama :

1.Biasanya anda di minta untuk menjelaskan tentang diri anda atau perkenalan

Kalian sebagi calon pekerja harus menerangkan sesuai data diri anda, karena biasanya pertanyaan ini akan memancing kepada pertanyaan-pertanyaan berikutnya.

Contoh : Nama saya Bambang Suyitno.

Saya alumni SMK Negeri 11 Jakarta.

Saat ini saya masih bekerja sebagai Sales di PT.Bank Painem.Saya bekerja di perusahaan tersebut sejak 2014.

Sebisa mungkin penjelasan yang anda berikan tidak memancing pertanyaan yang menyulitkan, katakan seperlunya saja biarkan pewawancara yang meneruskan pertanyaannya.Yang terpenting kamu menjawab secara jujur dan apa  adanya.

2.Apa rencana atau planing anda 2-5 tahun kedepan ?

Contoh :

Pertama dalam 2 tahun kedepan saya ingin memberangkatkan haji kedua orang tua saya, tentunya orang tua saya dapat bangga terhadap diri saya selagi orang tua masih ada.

Untuk 5 tahun berikutnya saya ingin terbebas dari segi finansial agar saya dapat membantu kedua orang tua yang telah membesarkan saya dari lahir hingga saat ini.

3.Keterampilan apa yang anda miliki selain Ilmu Acounting ?

Contoh jawaban :

Tentunya saya dapat melakukan pekerjaan multitasking serta dapat mengoperasikan banyak program perkantoran seperti MS Word, MS Excel, MS Power Point, Corel Draw, Atau Cad.

4.Apa makna hidup untuk anda ?

Contoh jawaban :

Menurut saya makna hidup adalah sesuatu yang harus kita cari atau kita gapai dan itu adalah sebuah tugas serta tanggung jawab dari setiap individu.

5.Apa kekurangan serta kelebihan anda ?

Contoh jawaban :

Kelebihan yang saya miliki adalah disiplin, cepat beradaptasi, jujur, dan juga pekerja keras.

Sementara kekurangan saya adalah masih perlu banyak belajar karena masih banyak hal-hal baru yang belum saya pelajari.

6.Apakah pada pekerjaan sebelumnya anda memiliki hubungan yang baik sesama rekan kerja anda ?

Contoh Jawaban :

Hubungan saya dengan semua rekan kerja saya berjalan dengan sangat baik.

Apabila di dalam suatu pekerjaan saya terdapat masalah dengan satu atau beberapa rekan kerja saya, akan segera saya selesaikan secara kekeluargaan agar tidak berkelanjutan.

7.Apakah anda lebih menyukai bekerja secara individu atau tim ?

Contoh jawaban :

Saya sangat menyukai keduanya tergantung juga pada pekerjaan yang saya dapatkan.

Karena kedua tersebut juga memiliki kelebihan masing-masing yang saya sangat menyukai itu.

8.Jika anda saya haruskan bekerja secara tim, Posisi apa yang ingin anda tempati ?

Contoh Jawaban :

Sesuai dengan apa yang di butuhkan oleh perusahaan tersebut, saya akan terus belajar agar saya dapat menguasai bidang yang di pilhkan untuk saya.

9.Sanggupkah anda bekerja di bawah tekanan ?

Contoh jawaban :

Saya sangat sanggup karena saya memiliki mental yang cukup baik sehingga tidak akan drop ketika saya di nasehati atau di marahi ketika saya dalam posisi salah.

Dan juga tekanan yang di berikan terhadap diri saya dapat membuat saya mengeluarkan potensi dan keterampilan untuk menyelesaikan pekerjaan yang di berikan kepada saya.

10.Bagaimana terhadap sikap atau kritik yang di tujukan kepada anda ?

Contoh jawaban :

Pada umumnya manusia tidak suka di kritik secara sembarangan.

Jika kritik yang di berikan itu baik dan membangun, saya dengan senang hati akan melaksanakan dan memperbaiki diri saya, tetapi jika sebaliknya, saya akan membiarkannya.

Lama Waktu Yang Di Butuhkan Menunggu Panggilan Kerja

Setelah kalian menyelesaikan wawancara kerja maka langkah selanjutnya adalah menunggu hasilnya.Kebanyakan apabila kalian di terima maka jawaban dari Moderator adalah "Kapan kamu bisa bekerja" Maka yang harus kalian jawab adalah "Saya siap kapanpun perusahaan ini butuhkan".
Dan apabila lamaran kalian di tolak maka jawaban dari moderator adalah "Nanti akan kami hubungi kembali apabila selama 3 hari masih belum ada pemberitahuan dari kami maka anda belum masuk dalam kriteria kami.

Tips Melakukan Interview Kerja Agar Di Terima

Berikut adalah beberapa hal yang harus kalian lakukan agar interview wawancara kerja dapat membuahkan hasil :

1.Datang tepat waktu
2.Berpakain Rapi dan Sopan
3.Berkata sopan dan rama
4.Jangan lupa senyum dan mengucapkan salam
5.Persiapkan jawaban terbaik kalian
6.Jangan membicarakan hal-hal yang sekiranya tidak terlalu penting
7.Tunjukan bahwa kalian memiliki sebuah potensi
8.Percaya diri
9.Jangan lupa untuk berdoa sebelum di lakukannya interview kerja

Hal Apa Yang Harus Di Tanyakan Ke HRD

Ada saatnya seorang HRD akan bertanya kepada kalian "Apa ada yang di tanyakan".Apabila di rasa kalian sudah di terima bekerja serta belum mengetahui tentang waktu kerjanya kalian bisa menanyakan hal tersebut secara sopan kepada HRDnya Contohnya "Mohon maaf untuk jam kerjanya saya masih belum mengerti mungkin bisa Bapak/Ibu jelaskan".

Apa Yang Di Lihat HRD Saat Interview Kerja 

Berikut adalah beberapa hal yang di lihat HRD saat kita melaksanakan Interview Kerja :
1.Bahasa Tubuh
Usahakan telapak kedua tangan saat interview berada di atas paha bukan di atas meja, serta jangan sampai kalian merunduk atau menoleh ke kanan atau ke kiri sebab hal ini akan menyebabkan HRD beranggapan bahwa kalian adalah pribadi yang tidak bisa fokus.

2.Kesopanan
Jangan sampai ketika kalian melaksanakan Interview Kerja kamu membentak atau bernada keras kepada Moderator.

3.Atitude
Berikan kesan pertama yang baik kepada moderator entah itu dengan mengucapkan salam, atau memberikan senyuman manis kepada moderator.

4.Gaya Bicara kalian
Pada saat melaksanakan interview kerja jangan sampai kalian menggunakan bahasa yang tidak sesuai dengan kamus besar bahasa indonesia apabila interview menggunakan bahasa inggris maka jangan sampai kita mencampur-campurnya dengan bahasa yang lain.

5.Skil dan kemampuan yang kalian miliki 
Biasanya seorang HRD akan bertanya kepada kalian "Apa kelebihan yang kamu miliki".
Maka Di siniliahh saatnya kamu mendeskripsikan tentang kelebihan yang kalian miliki contohnya "Saya dapat bekerja dengan rajin, Disiplin, Mudah beradaptasi, Bisa bekerja secara tim ataupaun individu"

Hal-Hal Yang Tidak Boleh Di Tanyakan Saat Wawancara Kerja Sedang Berlangsung

Wawancara kerja adalah salah satu hal yang tidak boleh kalian anggap remeh sebab penentuan terbesar apakah kalian di terima bekerja atau tidak berada pada sesi wawancara.
Berikut adalah hal-hal yang tidak boleh di tanyakan saat wawancara kerja :

1.Menanyakan Seputar Gaji
Menanyakan seputar gaji merupakan bukan salah satu ide yang baik , Sebab gaji akan di jelaskan pada saat kalian menandatangani teken kontrak.Nah di sini kalian bisa memilih apakah mau lanjut bekerja atau tidak.

2.Menayakan Mengenai Fasilitas Yang Di Berikan Oleh perusahaanHal ini sama saja dengan kalian menanyakan seputar gaji, pastinya semua perusahan sudah menyiapkan fasilitas kepada karyawannya entah itu makan siang , Jamsostek dan lain sebagainya.

3.Menanyakan seputar promosi jabatan
Pertanyaan ini mungkin akan ada di benak kalian, tapi alangkah baiknya juga kamu tidak mengutarakannya kepada moderator.Pasti semua pekerjaan akan ada masa di mana kalian akan mendapatkan promosi jabatan asalkan kalian bekerja dengan tekun dan bersunguh-ssungguh.

Jawaban Yang Tepat Apabila Kalian Di Tanya Seputar Gaji

Kalian tidak di sarankan untuk menyebutkan angka atau nominal sebab nantinya seorang HRD akan menjelaskan tentang besarnya gaji yang akan kalian dapatkan.Kalian hanya tinggal menjawab dengan "Saya adalah pribadi yang Flexibel dan terbuka untuk berdiskusi tentang gaji yang pantas untuk saya terima.Namun gaji terakhir saya adalah Rp.10 juta.

Jawaban Yang Tepat Jika Di Tanya, Mengapa Ingin Bekerja Di Sini ?

Pertanyaan ini hampir keluar pada saat saat kalian mengikuti wawancara kerja dan jawaban yang pas adalah sesuai dengan kenyataan yang kalian alamai.Contohnya :
"Karena saya ingin hidup mandiri"
"Karena saya ingin mendapatkan pengalaman baru"
"Karena saya ingin menambah banyak relasi"
"Karena saya ingin bisa berkembang dan maju bersama perusahaan"
"Karena saya ingin membahagiakan kedua orang tua"dan masih banyak jawaban yang lainnya.

Penutup

Dengan mengetahui 10 contoh pertanyaan wawancara kerja dengan jawaban terbaik di atas, semoga anda dapat mepersiapkan diri ketika akan menghadi interview kerja.

Anda juga dapat merubah atau memodifikasi jawaban-jawaban yang ada di atas sesuai dengan pendidikan serta pengalam anda.Anda juga dapat mencari referensi buku-buku seputar wawancara kerja agar anda menjawab pertanyaan-pertanyaan tes wawancara kerja dengan baik dan benar.

Post a Comment for " 10 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Dengan Jawaban Terbaik"