Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persyaratan Dan Cara Mendaftar Menjadi Anggota SATPOL PP

Hai sahabat blog lokerjapati berjumpa kembali pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan sebuah informasi tentang Persyaratan Dan Cara Mendaftar Menjadi Anggota Satpol PP.

Satuan Polisi Pamong Praja atau yang biasa di sebut Satpol PP adalah perangkat pemerintah daerah yang betugas untuk menjaga dan memelihara ketentraman dan ketertiban pada masyarakat.Sejarah satpol PP di Indonesia berdiri pada tahun 3 Maret 1950 pada kota istimewa Yogyakarta.Dan setelah di bentuknya SATPOL PP pada kota itu dan selanjutnya di ikuti hampir seluruh kota yang ada di Indonesia.

Menurut peraturan undang-undang di nomor 22 tahun 1999 yang kemudian di revisi menjadi UU No 32 tahun 2004 di jelaskan bahwa Polisi Pamong Praja adalah suatu perangkat pemerintah daerah yang bertugas untuk menegakkan peraturan daerah dan melaksanakan ketertiban umum serta menjaga ketentraman di masyarakat yang berdasarkan atas tugas desentralisasi.

Untuk kalian yang sudah menjabata sebagai anggota Satpol PP kalian juga wajib untuk mengikuti Diklat yang di adakan pada daerah kalian masing-masing.Hal ini bertujuan untuk melatih serta memberikan pendidikan tentang tugas dan tanggung jawab seorang Satpol PP agar nantinya mampu mengayomi dan menjaga ketertiban di masyarakat.

Pesryaratan Menjadi Anggota Satpol PP

Buat kalian yang berencana atau bercita-cita untuk menjadi petugas SATPOL PP maka simak persyaratan apa saja yang perlu untuk kalian siapkan.

Berikut adalah persyartannya :

  1. Membuat surat lamaran kerja
    Surat lamaran kerja jenis ini tentunya hampir sama dengan surat lamaran kerja pada instansi Dinas Pemerintah yang membedakan hanya pada bagian kemana surat itu di tujukan.Jangan lupa untuk memberikan materai agar terlihat lebih formal ya sobat.
  2. Membuat daftar riwayat hidup
    Wajin untuk kalian perhatikan ketika membuat daftar riwayat hidup berikan data yang Valid cek kembali agar tidak adanya kekeliruan di dalam penulisan.
  3. Menyertakan foto copy Ijazah terakhir yang telah mendapatkan legalisir
    Hal ini sangat penting untuk membuktikan keaslian ijazah kalian kepada penyelenggara recruitment.
  4. Foto copy SKCK yang masih berlaku
  5. Membuat surat keterangan sehat yang di dapatkan dari Dokter atau puskesmas
  6. Melampirkan pas photo terbaru berukuran setengah badan
  7. Melampirkan surat keterangan bebas dari NARKOBA atau SKBN
  8. Merupakan WNI aktif di buktikan dengan kepemilikan KTP
  9. Pria atau wanita
  10. Berpendidikan minimal SMA / SMK
  11. Usia maksimal calon pelamar adalah 35 tahun
  12. Sehat Jasmani serta rohani
  13. Beratitude baik
  14. Tidak pernah terlibat pada kasus hokum atau mantan narapidana
  15. Tidak pernah meminum zat-zat yang berbahaya
  16. Tidak memiliki tato dan tindik
  17. Tidak terikat pekerjaan pada instansi lain

Berikut ini adalah berkas yang harus di lengkapi oleh calon pelamar SATPOL PP :

  • Surat lamaran kerja yang di tulis secara lengkap yang di lampiri dengan materai
  • Daftar riwayat hidup
  • Melampirkan foto copy KTP
  • Foto Copy Kartu Keluarga
  • Foto Copy SKCK yang masih berlaku
  • Foto copy Ijazah yang telah di legalisir
  • Melampirkan foto copy hasil nilai SKL atau SKHUN
  • Menyertakan foto berwarna dengan background berwarna merah sebanyak 2 lembar berukuran 4 x 6
  • Melampirkan foto copy BPJS Kesehatan apabila ada
  • Menyertakan foto copy AK1 atau kartu kuning yang di peroleh dari Dinas Tenaga Kerja
  • Melampirkan foto copy sertifikat keahlian khusus
  • Mengisi formulir pendaftaran yang di peroleh dari panitian pelaksana recruitment

Apabila kalian adalah seorang atlet maka peluang untuk menjadi seorang SATPOL PP akan terbuka lebar sebab buat kalian yang berprestasi pada bidang tertentu akan lebih di utamakan.Di lansir dari laman web resmi BKPSDM di jelaskan bahwa kategori calon pelamar berstaus atlet yang berprestasi di buktikan dengan kepemilikan sertifikat dan mendali atau piagam penghargaan baik pada tingkat provinsi, Nasional atau kanca Internasional.Adapun contoh event yang pernah di ikuti seperti Asian Games, Sea Games ,Pekan Olahraga Nasional dan masih banyak lagi yang lainnya.Maka buat kalian mantan atlet yang berniat untuk bekerja pada Dinas yang satu ini bisa kamu coba.

Baca Juga Artikel Terkait :  Persyaratan Mendaftar CPNS 2021 Dan Cara daftarnya

Teryata banyak juga ya sobat hall-hal yang perlu kamu persiapkan untuk mecalonkan menjadi anggota Satpol PP.

Cara Mendaftar Menjadi Anggota SATPOL PP Terbaru

Kalian bisa mengunjungi laman web sesuai dengan daerah asal kalian missal kamu tinggal di Kota Jakarta maka tuliskan kata pencarian di google dengan menggunakan alamat satpolpp.jakarta.go.id ganti nama kota sesuai dengan daerah provinsi kalian cara ini berfungsi untuk melihat pakah sedang ada perekrutan yang berlangsung atau belum.

Biaya Masuk Satpol PP

Tidak ada biaya sama sekali yang dibutuhkan untuk mencalonkan sebagai Anggota Satpol PP.Maka berhati-hatilah anda apabila di iming-iming serta di mintai sejumlah uang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang  belum tentu kebenarannya.Pengeluaran uang hanya sebatas kalian mengurus biaya admistrasi seperti pembelian materai dan lain sebagianya.

Gaji Satpol PP Pada Tahun 2021

Beasrnya gaji seorang Satpol PP tentunya tidak sama sebab yang membedakan adalah pangkat yang di dapat semakin tinggi jabatan maka semakin tinggi pula gaji yang akan kamu pereloh.Berikut adalah tingakat jabatan yang akan kalian peroleh ketika kamu bekerja sebagai Satpol PP :

  1. Staff
  2. Eselon IV
  3. Eselon III
  4. Eselon II
  5. Eselon I

Daerah juga mempengaruhi besarnya gaji yang akan kamu peroleh ketika menjabat sebagai aanggota Satpol PP.

Semoga informasi tentang Persyaratan Dan Cara Medaftar Menjadi Anggota SATPOL PP ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang bermimpi untuk mejadi anggota Satpol PP.

Post a Comment for " Persyaratan Dan Cara Mendaftar Menjadi Anggota SATPOL PP"