9 Tips Sukses Menghadapi Interview Wawancara Kerja
Hai sahabat blog lokerjapati berjumpa kembali pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan sebuah informasi tentang 9 tips sukses menghadapi interview wawancara kerja agar anda bisa diterima untuk bekerja pada sebuah perusahaan yang anda lamar.
Interview kerja atau wawancara kerja adalah merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang HRD untuk mengulik informasi secara mendetail serta melihat kemampuan dari sifat dari seorang pelamar kerja.
Interview kerja pasti akan selalu ada pada saat anda melamar pekerjaan.Sehingga anda harus menyiapkan sebuah bekal yang sangat matang tentang cara menghadapi sebuah interview kerja dengan baik dan juga benar.
Memang terkadang wawancara kerja menjadi momok bagi para job seeker.Namun apabila anda telah memiliki bekal yang sangat baik untuk menghadapi interview kerja maka anda tidak perlu khawatir lagi.Biasanya interview kerja akan dilaksanakan ketika anda telah lulus dari test tulus yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.
Bagi anda yang masih fresh graduate atau kalian yang masih belum memiliki pengalaman sama sekali untuk menghadapi sesi wawancara kerja tentunya akan sangat kebingungan.Sehingga anda sangat membutuhkan informasi dan pengetahuan seputar cara menghadapi interview kerja.
Namun anda tidak perlu khawatir sebab mimin telah memiliki beberapa tips sukses menghadapi interview wawancara kerja agar anda bisa diterima pada sebuah perusahaan yang anda lamar.Takut untuk menghadapi atau merasa nerfesh untuk menghadapi sesi wawancara kerja tentu adalah merupakan hal yang sangat wajar.
Namun selagi anda memiliki bekal serta pengetahuan dalam interview kerja dengan baik maka anda akan dengan mudah untuk melewati sesi tanya jawab yang diberikan oleh HRD.
9 Tips Menghadapi Interview Wawancara Kerja
Berikut ini adalah 9 tips untuk menghadapi interview wawancara kerja agar anda bisa diterima bekerja pada perusahaan yang anda lamar :
- Datang Tepat Waktu
Nilai plus yang akan anda dapatkan ketika datang tepat waktu adalah seorang HRD akan menyimpulkan bahwa anda adalah seorang yang rajin dan tidak suka datang terlambat.HRD juga akan berasumsi bahwa anda adalah seseorang yang suka menghargai waktu.Alangkah baiknya apabila anda datang 15 menit sebelum sesi wawancara kerja berlangsung.
- Pakaian
Pakaian sangatlah berpengaruh terhadap hasil dari wawancara kerja, Pastikan bahwa pakain yang anda gunakan sangat formal dan jangan sampai ketika anda melakukan sebuah wawancara menggunakan kaos atau berpakain tidak sopan.Dengan menggunkan pakaian yang rapi tentunya para HRD akan memandang bahwa anda adalah pribadi yang teratur dalam sebuah kehidupan.Pastikan juga pada saat anda menghadapi wawancara kerja menggunakan sepatu jangan sampai anda menggunakan sebuah sandal.
- Parfum
Pasti dari kalian banyak yang bertanya-tanya, Apakah lebih baik menggunakan parfum ketika menghadapai sesi wawancara kerja ?.Tentu jawabannya sangat perlu, Terlebih bagi anda yang memiliki bau badan tentunya akan sangat diajurkan untuk menggunakan parfum pada saat menjalani sesi wawancara kerja.Namun tentunya juga perlu untuk anda perhatikan bahwa dalm pemilihan sebuah parfum jangan sampai baunya terlalu menyengat.
- Potongan Rambut
Bagi kalian yang akan menghadapi sesi wawancara kerja tentunya salah satu hal yang harus anda perhatikan adalah gaya modal rambut.Apabila rambut anda terlalu panjang maka segera mungkin untuk dirapikan.Selain itu anda juga bisa menggunakan tambahan minyak rambut bagi laki-laki.Dengan potongan rambut yang rapi tentunya akan menjadi nilai plus terhadap penampilan anda dimata seorang HRD.Namun hanya beberapa perusahaan yang terkadang mengabaikan dari model rambut para pelamarnya.Namun rata-rata dari sebuah perusahaan pastinya akan melihat dari segi yang satu ini.
- Menjawab Pertanyaan Interview
Seorang HRD biasanya akan sangat menyukai dengan jawaban-jawaban yang sangat spesifik ketika dia bertanya kepada anda.Sehingga pastikan bahwa jawaban yang berikan memang benar dan bukan anda buat atau bahkan mengarang sebuah cerita.Sebab dari pertanyaan tersebutlah seorang HRD akan lebih mengetahui tentang kepribadian diri anda.Tips untuk menjawab pertanyaan dari HRD adalah pastikan anda selalu memberikan sebuah jawaban tentang kelebihan dari diri anda jangan sampai anda lebih menceritakan tentang kejelakan anda sebab hal ini akan sangat berpengaruh buruk terhadap hasil dari interview kerja yang anda jalani.
- Mengucapkan Salam
Terkadang hal ini sangat jarang dilakukan oleh para pelamar kerja ketika mereka menghadapi sebuah wawancara kerja.Dengan mengucapkan salam kepada seorang HRD tentunya akan memberikan sebuah kesan pertama yang sangat baik.Apabila sesi interview kerja yang anda lakukan adalah pada siang hari maka anda bisa mengucapkan selamat siang dan apabila wawancara kerja dilakukan pada saat pagi hari maka anda bisa mengucapkan selamat pagi.Memang hal ini kelihatannya sangat mudah untuk dilakukan namun pada kenyataannya masih banyak orang yang tiak melakukan cara ini.
- Sikap Duduk
Sikap pada saat anda duduk sangat penting untuk diperhatikan ketika anda mengikuti sesi wawancara kerja.Lantas bagaimana sikap yang baik ketika duduk pada saat sesi wawancara kerja sedang berlangsung?.Sikap duduk yang baik adalah tegak dan tidak membungkuk, Pandangan lurus kedepan, Tidak menoleh keatas, Kebawah, Atau kesamping, Pastikan juga anda jangan duduk apabila oleh seorang HRD belum diperintahkan untuk duduk.Pastikan juga bahwa tangan anda tidak berada di atas meja letakkan kedua tangan anda di atas paha.Tentunya hal ini akan memperlihatkan kepada seorang HRD bahwa anda adalah pribadi yang sangat sopan.
- Jangan Terlalu Menyombongkan Diri
Pada saat melaksanakan interview wawancara seoarang HRD akan lebih menyukai seorang pelamar kerja yang memiliki sifat rendah hati.Sehingga jangan sekali-kali anda menyombongkan diri pada saat menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh seorang HRD.Pada saat anda ditanyai perihal kekurangan dan kelebihan dari diri anda maka jangan sampai anda lebih menonjolkan tentang kepribadian dari diri anda.Sebab seorang HRD akan menilai bahwa anda adalah orang yang tidak jujur, Alangkah baiknya apabila anda menceritakan dengan sewajarnya saja tanpa harus melebih-lebihkan.
- Melakukan Sebuah Kontak Mata
Melakukan sebuah kontak mata pada saat pertama kali bertemu dengan seorang HRD adalah salah satu yang sangat perlu untuk anda lakukan.Jangan sampai anda sesekali mengalihkan kontak mata dengan seorang HRD.Menurut dari sebuah studi kasus yang pernah saya alami pada saat melakukan sesi wanancara kerja dengan seorang HRD cara ini sangat efektif untuk membuat anda bisa lulus dalam tahap sesi wawancara kerja.Sebab orang yang seseorang yang secara konsisten melakukan sebuah kontak mata akan terlihat lebih cerdas dari pada mereka yang tidak melakukan hal tersebut.
Tentunya dengan menerapkan tips-tips wawancara kerja diatas kemungkinan besar bagi kalian yang akan mengikuti atau menghadapi sesi wawancara kerja peluang kemungkinan anda akan diterima bekerja pada perusahaan tersebut akan jauh lebih besar.
Demikian informasi seputar tips sukses menghadapi interview wawancara kerja, Semoga informasi yang mimin berikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua khususnya bagi anda yang pada saat ini akan menghadapi sesi wawancara kerja.
Post a Comment for " 9 Tips Sukses Menghadapi Interview Wawancara Kerja"