Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Daftar Kartu Prakerja Untuk Gelombang 11

Lokerjapati.blogspot.com - Hai sahabat blogger berjumpa kembali pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan sebuah informasi 5 cara daftar kartu prakerja untuk gelombang 11.

Pada masa pandemi saat ini pemerintah telah kembali mengeluarkan edaran baru tentang program Kartu Prakerja Pada tahun anggaran 2020.

Pada tanggal 2 November 2020 pukul 12 : 00 WIB, Masyarakat Indonesia bisa untuk mulai mendaftarkan diri agar dapat memiliki Kartu Prakerja gelombong 11 ini secara gratis.

Hal ini telah di konfirmasi oleh Kepala Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja yaitu Louisa Tuhatu.

Pada gelombang 11 Kartu Prakerja ini di memiliki kapastitas pendaftaran sebesar 400.000 orang saja.Besarnya kuota ini di ambil pada ke ikut sertaan masyarakat mulai dari gelombang pertama sampai dengan gelombang kesebelas.

5 Cara Daftar Kartu Prakerja Untuk Gelombang 11

Tidak ada perbedaan pada gelombang-gelombang sebelumnya, Untuk pendaftaran kartu prakerja ini dapat di lakukan secara Online maupun Offline.

Cara Online

Untuk pendaftaran secara Online dapat di kita lakukan dengan cara mengunjungi situs resmi prakerja.go.id.

Berikut adalah 5 Cara Daftar Kartu Prakerja Untuk Geloombang 11

  1. Kunjungi situs prakerja.go.id kemudian klik daftar sekarang.
  2. Kemudian lakukan registrasi email buat password untuk akun Prakerja anda.
  3. Isi data diri anda secara benar dan jangan lupa untuk menyiapkan nomor NIK serta KK ( Karttu Keluarga).
  4. Ikuti tes motivasi serta kemampuan dasar.
  5. Yang terakhir adalah klik 'Gabung' pada gelombang 11 ini.

Apabila langkah di atas sudah selesai anda lakukan maka untuk langkah selanjutnya adalah menunggu notifikasi apakah anda di terima sebagai anggota dari Kartu Prekarja pada Gelombang 11 ini atau sebaliknya.

Biasanya untuk pemberitahuan akan di terima atau tidaknya akan di kirimkan melalui SMS atau bisa anda cek langsung pada dashoard akun Prakerja anda.

Cara mendaftar kartu prakerja gelombang 11 Secara Offline

Di atas sudah saya jelaskan mengenai cara daftar Kartu Prakerja secara online berikut ini mari kita bahas cara daftar kartu prakerja secara Offline.

Untuk melakukan pendaftaran kartu prakerja secra Offline ini ada beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan.Yaitu masyarakat bisa langsung datang pada kementrian Ketenagakerjaan atau Pemerintah Daerah khusnya Dinas Ketenagakerjaa.

Kemudian anda akan di berikan Formulir pendaftaran oleh petugas sama persis dengan format isian yang ada pada pendaftaran secara Online.

Pada permohonan yang sudah kita buat kemudian kementrian atau lembaga secara kolektif akan mengumpulkan data tersebut yang nantinya akan proses.setelah mendapatkan pengesahan dari Menteri Ketenagakerjaan kemudian berkas akan di kirimkan pada PMO sehingga nantinya PMO akan mengumumkan Calon Peserta Kartu Prakerja pada gelombang ke 11 yang lolos.Sesuai yang di sampaikan oleh Deputi Bidang Koordinsai Ekonomi Digital,Ketenagakerjaan serta usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kementrian Koordinator pada bidang perekonomian.

Syarat-Syarat Yang Dapat Merima Bantuan Prakerja Adalah

Penerima bantuan Kartu Parkerja hanya di prooritaskan bagi masyartakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan belum mendapatkan bantuan sama sekali dari pemerintah.

Terkutip pada pasal 2 Permenko Nomor 11 Tahun 2020, Kartu prakerja hanya di berikan kepada kepada para pencari pekerjaan dengan rincian sebagai berikut :

  1. Pekerja atau buruh yang terkena Pemberhentian Hak Kerja atau PHK.
  2. Pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan Kompetensi kerja, Begitu juga Karyawan atau buruh yang sedang di rumahkan serta pelaku usaha kecil atau mikro.

Dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Merupakan warga Negara Indonesia 
  2. Memiliki usia minimal 18 tahun
  3. Tidak mengikuti pendidikan formal

Di kutip pada Permenko Nomor 11 Tahun 2020 mengatur tentang pihak-pihak yang tidak di perkenankan untuk mendapatkan fasilitas Kartu Prakerja diantarnya : Pejabat Negara,Anggota DPRD,Anggota TNI dan POLRI, Kepala dan Perangkat Desa, Direksi,Dewan pengawas BUMN dan BUMD serta komisaris.

Bagi peserta Kartu Prakerja yang telah lolos nantinya akan mendapatkan Insentif, dengan syarat telah menyelesaikan pelatihan-Pelatihan yang telah di berikan.

Bagi peserta yang telah di nyatakan lolos akan menerima Saldo sebesar Rp.1.000.000.Tetapi untuk saldo tidak dapat di cairkan.

Apabila anda telah menyelesaikan pelatihan pertama anda akan menerima Insetif selama 4 bulan sebesar Rp.600.000.

Dan Insentif Survei keberkerjaan sebesar Rp.50.000 dengan total 3 kali survei.

Demikian informasi seputar  5 Cara Daftar Kartu Prakerja Untuk Gelombang 11, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Post a Comment for "5 Cara Daftar Kartu Prakerja Untuk Gelombang 11"