Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Untuk Posisi Front Office Lengkap Beserta Jawabannya

Pertanyaan wawancara kerja untuk posisi front office – Front office adalah salah satu posisi pekerjaan di sebuah perusahaan yang dimana pekerjaan tersebut hampir sama dengan seorang customer service.Hampir di setiap perusahaan atau sebuah usaha yang sering kita jumpai pastinya aka nada petugas front office di sana.Sebab front office memiliki sebuah tanggung jawab untuk menjamu para tamu yang datang dengan memberikan sebuah pelayanan terbaik.Namun biasanya front office yang di butuhkan oleh perusahaan adalah usia-usia yang masih muda dan juga energik.Serta memiliki penampilan dan attitude yang sangat baik.

Bagi anda yang pada saat ini akan berencana untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan untuk menempati posisi di bagian front office tentunya anda harus mempersiapkan diri secara matang.Salah satu hal yang harus anda persiapkan adalah dengan mengetahui segala pertanyaan yang keluar pada saat anda mengikuti ters interview untuk menempati posisi sebagai staff front office.Bukan hanya itu saa bagi anda seorang HRD yang akan merektrut SDM untuk menempati posisi di front office maka anda juga bisa menggunakan contoh pertanyaan kerja yang akan lokerjapati bagikan secara gratis.Dengan megetahui pertanyaan terkait dengan posisi tersebut maka nantinya kegiatan wawancara kerja dapat berjalan dengan lancar dan anda sebagai seorang pencari kerja dapat mendapatkan pekerjaan dengan lebih cepat.

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Untuk Posisi Front Office

Berikut ini adalah contoh pertanyaan wawancara kerja untuk posisi Front Office lengkap beserta jawabannya : 

Aspek penting apa yang harus di ingat oleh resepsionis ?

  • Selau tersenyum pada saat menerima telpon dari klien 
  • Selalu menjawab telepon dengan memberikan sambutan yang hangat 
  • Menjawab telepon dengan segera 
  • Sebelum mentransfer panggilan menayanyakan juga nama penelepon
  • Selalu membuat catatan kecil 
  • Menanyakan kepada seorang manager apakah beliau lebih suka menerima pesan atau menerima tamu secara langsung

Sebagai seorang resepsionis, Apa keahlian paling menonjol yang anda rasakan hingga saat ini ?

Sebagai seorang yang memiliki tugas untuk menjadi resepsionis keahlian yang paling pentin untuk dimiliki adalah nyaman untuk bertemu dan juga berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang.Seorang resepsionis harus bisa memberikan sikap yang menyengkan untuk semua orang.

Ada seorang klien yang tidak bisa menerima masukkan dari anda, Lantas apa yang akan anda lakukan atas tindakan tersebut ? 

Yang saya lakukan adalah dengan menunjukkan kesediaan untuk memberikan sebuah alternative atau saya akan memanggil tim yang lebih berpengalaman untuk mengatasi hal tersebut.

Langkah apa yang akan anda lakukan apabila rekan kerja anda mengeluh tentang diri anda ? 

Tentunya saya akan merasa kurang nyaman dengan tindakan tersebut, Namun saya akan menyikapinya sebagai urusan pribadi bukan urusan pekerjaan.Tentunya saya akan segera untuk menyelesaikan masalah tersebut agar nantinya tidak berlarut-larut.

Baca juga artikel terkait : Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate

Ketika anda tidak memiliki sebuah jawaban terkait dengan pertanyaan yang diberikan oleh seorang klien maka langkah apa yang akan anda lakukan ?

Pada saat seorang klien atau pengunjung mengutarakan sebuah pertanyaan kepada saya namun ternyata saya tidak memiliki jawaban yang cukup akurat.Maka saya akan meminta klien tersebut untuk menunggu dan mengarahkannya kepada orang yang lebih tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Apakah anda pada saat ini familiar dengan EPABX dan VOIP ?

Ya, Saya sangat akrab dengan keduanya, VOIP merupakan protokol suara  melalui jaringan internet.Sedangkan EPABX adalah sebuah system pertukaran telepon atau multi- saluran.

Jelaskan bagaimana cara anda untuk bisa menangani seorang klien atau pelanggan yang kesal ?

Yang pertama-tama akan saya lakukan adalah dengan mendengarkan masalah mereka dengan baik.Dan yang kedua saya akan mencoba untuk menyelesaikan masalah yang sedang klien hadapi.Dan apabila tidak berhasil maka saya akan mempertemukan klien tersebut dengan manager perusahaan.

Jelaskan bagaimana cara pendekatan yang akan anda lakukan untuk bisa mengkoordinasikan rapat kelompok ?

Saya akan memanggil personil secara satu-persatu, Untuk mengkonfirmasi terkait dengan rapat yang akan diadakan oleh pihak management.Dan sebelum pertemuan rapat diselenggarakan maka saya akan mengatur terkait dengan kelancaraan acara rapat seperti menyiapkan proyektor, Sebuah koneksi, Internet dan lain-lain.

Sebutkan perlatan kantor dasar yang bisa untuk di operasikan ?

  • Shredders
  • Printer 
  • Pkitter grafik 
  • Mesin Fotocopy 
  • Scanner dan lain-lain 

Sebtukan apa yang dapat membuat pekerjaan sebagai seorang resepsionis menjadi lebih bermakna ?

Pekerjaan sebagai seorang resepsionis akan mnejadi lebih berarti pada saat dia telah berhasil memberikan sebuah pelayanan yang terbaik kepada setiap klien yang datang.

Coba anda buat daftar tujuan kinerja utama dari seorang resepsionis !

  • Menjaga moral kantor 
  • Sikap ramah dan juga positif 
  • Keterampilan yang baik 
  • Penggunaan sumber daya yang baik 
  • Efisiensi 
  • Keteguhan

Tantangan apakah yang mungkin akan di hadapai oleh seorang resepsionis seiring dengan berjalannya waktu ?

  • Akan bekerja lebih lama di depan komputer 
  • Membutuhkan keterampilan berorganisasi 
  • Sangat perlu untuk berurusan dengan lingkungan yang sangat sibuk 
  • Harus bisa mengelola proyek secara bersamaan 

Sebutkan keterampilan apa saja yang harus di miliki oleh seorang resepsionis ?

  • Bisa membangun sebuah tim dengan baik, Keterampilan analitis, Bisa memecahkan sebuah masalah 
  • Memiliki keterampilan dalam berkomunikasi 
  • Memiliki keterampilan untuk mengoperasikan komputer 
  • Dapat memanage waktu dengan baik 

Silakan anda jelaskan peran dan juga tanggung jawab seorang front office !

  • Membantu dalam perencanaan persiapan konferensi 
  • Membantu dengan memberikan dukungan pengolahan kata yang baik 
  • Memberikan sebuah pelayanan administrasi yang baik 
  • Untuk membantu setiap pengunjung yang datang
  • Mencatat pesan dan juga mengalihkan panggilan 
  • Untuk menangani segala panggilan yang masuk 
  • Memantau perbaikan dan juga pemeliharaan peralatan kantor 
  • Memantau penggunaan peralatan kantor dan juga persediaan 
Baca juga artikel terkait : 

Demikianlah artikel tentang contoh pertanyaan wawancara kerja Untuk posisi front office lengkap beserta jawabannya.Semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat bagi anda semua.Khususnya untuk kalian yang pada saat ini akan melamar di sebuah perusahaan untuk menempati posisi sebagai seorang resepsionis. 

Post a Comment for "Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Untuk Posisi Front Office Lengkap Beserta Jawabannya "