Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Dan Tanggung Jawab Marketing Dalam Dunia Pekerjaan

Tugas dan tanggung jawab marketing – Pasti dari kalian semua sudah tidak asing lagi dengan salah satu profesi pekerjaan yang cukup populer di tengah kalangan masyarakat sebagai seorang marketing.Profesi marketing sendiri adalah suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang guna untuk membantu sebuah perusahaan dalam proses kegiatan memasarkan produk perusahaan yang telah dihasilkan agar terjadinya sebuah penjualan.Biasanya pemasaran yang dijalankan oleh seorang marketing lebih mengikat pada segmen pasara yang cukup besar.Pada saat ini kita sering menjumpai profesi sebagai marketing di beberapa instansi perusahaan khususnya pada perusahaan indsustri.Keberadaan seorang marketing tentunya akan sangat  bermanfaat sekali bagi sebuah perusahaan.

Apakah pada saat ini anda baru saja menjalankan sebuah profesi sebagai seorang marketing ? Atau apakah anda pada saat ini sedang berencana akan melamar sebuah pekerjaan di perusahaan untuk menjabat sebagai marketing ? Apabila iya, Maka untuk bisa menjadi seorang marketing yang baik tentunya anda juga harus mengetahui tentang tugas dan tanggung jawab sebagai marketing di sebuah perusahaan.Sebab tugas seorang marketing bukan hanya melakukan penjualan produk saja melainkan ada kegiatan lainnya yang harus anda ketahui.Bagi anda yang menyukai pekerjaan dalam bidang sales maka profesi sebagai seorang marketing tentu adalah sebuah pilihan yang pas untuk bisa anda pilih.

Tugas Dan Tanggung Jawab Marketing

Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab marketing dalam dunia pekerjaan :

  • Marketing memiliki sebuah kedudukan yaitu sebagai orang yang pertama kali mengenalkan sebuah produk yang dimiliki oleh perusahaan kepada para konsumen.Terutama untuk produk-produk baru yang masih belum sepenuhnya dikenal oleh masyarakat.
  • Marketing memiliki sebuah tugas untuk menjual produk milik perusahaan kepada para konsumen sehingga perusahaan bisa mendapatkan sebuah laba dari adanya transaksi penjualan yang terjadi.
  • Marketing memiliki sebuah tugas untuk mendapatkan sebuah informasi dan kemudian menyampaikannya kepada perusahaan mengenai hal-hal yang perlu dilakukan perbaikan pada produk yang telah dipasarkan 
  • Marketing memiliki sebuah tugas untuk menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan para user 
  • Marketing memiliki sebuah tugas untuk menjadi perantara atau penghubung antar user dan perusahaan

Tahapan-Tahapan Dalam Marketing

Sebuah perusahaan harus menjalankan beberapa tahapan marketing agar dapat memastikan bahwa sebuah produk sudah siap untuk dipasarkan.Berikut ini adalah beberapa tahapannya :

  • Ideation 

Marketing akan dijalankan pada saat anda mengembangkan sebuah ide untuk produk dan layanan.Sebelum perusahaan merilis sebuah produk kepada para konsumen, Maka perusahaan juga harus memutuskan terkait dengan sebuah produk yang akan di jual, Ada berapa banyak pilihan yang disediakan, Bagaimana produk tersebut akan dikemas serta bagaimana produk tersebut akan disajikan kepad para pelanggan.

  • Riset Dan Pengujian 

Sebelum sebuah perusahaan melakukan publikasian terhadap produk yang telah dibuat.Maka perusahaan juga harus melakukan kegiatan riset serta pengujian pemasaran.

Bisanya departemen marketing akan melakukan sebuah pengujian terhadap sebuah konsep dari produk baru serta melakukan sebuah survey untuk mengetahui minat dari para konsumen dan kemudian melakukan penyempurnaan pada produk baru tersebut.Selain itu sebuah perusahaan juga akan menentukan berapa besaran harga dari produk yang akan di publikasikan.

Sebuah perusahaan juga akan melakukan penelitian terkait dengan pesaing yang ada.Kemudian perusahaan akan menetapkan sebuah harga yang lebih optimal dan kemudian menghasilkan sebuah ide untuk memposisikan produk tersebut pada segmen pasar yang ada.

  • Periklanan 

Informasi yang telah di kumpulkan oleh perusahaan dalam melakukan proses penelitian tentunya akan sangat membantu guna untuk melakukan strategi penelitian serta membuat kampanye iklan.

Promosi bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa jenis periklanan seperti iklan langsung, Menggunakan acara, Melalui media dan masuk banyak lagi yang lainnya.Sebelum menjalankan sebuah kampanye periklanan, Perusahaan harus menetapkan tolak ukur secara konkret yang dapat dipergunakan untuk mengukur seberapa efektif kampanye iklan yang telah dibuat.

  • Melakukan Penjualan 

Perusahaan harus menentukan dimana dan bagaimana produk tersebut akan dijual kepada para masyarakat.Perusahaan consumer good misalnya, Akan menjual produk ke grosir dan kemudian grosir menjualnya secara ecer.

Pada pasara industry, Proses pembelian akan jauh lebih lama serta dapat melibatkan banyak pengambilan sebuah keputusan.Perusahaan dapat menjual secara lokal, Nasional atau bahkan menjual secara internasional.Dan ada juga sebuah perusahaan yang menjual produk secara online.

Saluran distribusi dan penjualan tentunya akan sangat berpengaruh terhadap siapa yang akan membeli produk perusahaan, Kapan konsumen akan membeli produk tersebut dan bagaimana cara konsumen membeli produk tersebut.

Jenis-Jenis Strategi Marketing 

Ada beberapa jenis-jenis strategi marketing yang tentunya bisa untuk anda pelajari,  Berikut ini adalah diantaranya :

Berdasarkan Target Pasar 

Salah satu hal yang penting yang sangat berpengaruh pada marketing strategi serta marketing plan adalah sebuah target pasar pada bisnis yang berjalan.

Hal tersebut dikarenakan untuk melakukan kegiatan perencanaan dan proses pembuatan sebuah produk, Maka perusahaan juga harus bisa memahami terlebih dahulu terkait dengan target pasar sehingga nantinya produk yang telah diproduksi akan dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan.

Berdasarkan target pasar, Maka target pasar marketing dibadi menjadi 4 jenis yaitu :

  • Business to Government (B2G)

Merupakan sebuah teknik pemasaran yang dilakukan dari adanya sebuah bisnis untuk instansi milik pemerintah 

  • Consumer to consumer (C2C) 

Merupakan sebuah teknik pemasaran yang ditujukan dari pelanggan ke pelanggan lainnya

  • Business to Consumer (B2C)

Merupakan sebuah teknik pemasaran yang terapkan untuk menargetkan konsumen pada umumnya

  • Business To Business (B2B)

Merupakan sebuah teknik pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan guna untuk menargetkan perusahaan lain atau bisnis kepada bisnis lainnya dengan cara menawarkan sebuah produk agar dapat memajukan bsinis lain milik perusahaan

Berdasarkan Teknik Pemasaran 

Setidaknya ada 4 jenis teknik pemasaran yang perlu untuk anda ketahui, Berikut ini adalah diantaranya :

  • Database Marketing 

Merupakan sebuah teknik pemasaran dengan memanfaatkan sebuah database pelanggan yang memiliki sebuah potensi untuk bisa menghasilkan penjualan sebuah produk.

  • Affiliate Marketing 

Merupakan sebuah teknik pemasaran dimana sebuah perusahaan memberikan penghargaan apabila terdapat afiliasi yang mampu membawa konsumen pada bisnis yang sedang berjalan.

  • Guerriilla Marketing 

Merupakan sebuah teknik pemasaran gerilya atau sembunyi-sembunyi, Teknik pemasaran yang satu ini memiliki sebuah potensi untuk menjadi pemasaran lebih interaktif dan sengaja untuk ditempatkan pada lokasi-lokasi yang tidak terduga.

  • Word Of Mouth (WOM) 

Merupakan sebuah teknik pemasaran dengan mengutamakan lisan sebagai teknik dasar dalam memasarkan sebuah produk.

Berdasarkan Alat Yang Di Pergunakan 

Setidaknya ada 3 jenis alat yang dipergunakan untuk memasarkan sebuah produk, Berikut ini adalah diantaranya :

  • Direct Mail Marketing 

Merupakan sebuah teknik dalam memasarkan produk dengan menggunakan sebuah brosur, Surat promosi serta iklan yang ada di jalan.

  • Digital Marketing 

Merupakan sebuah teknik pemasaran dengan menggunakan saluran digital untuk mempromosikan sebuah produk baik itu melalui televise, Internet, Sosial media dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Telemarketing 

Merupakan sebuah teknik pemasaran dengan menggunakan telepon dimana seorang marketing mengumpulkan beberapa calon konsumen untuk membeli sebuah jasa atau barang.

Baca juga artikel terkait : 

Demikianlah artikel tentang tugas dan tanggung jawab marketing dalam dunia pekerjaan.Semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat bagi anda semua.Khususnya untuk kalian yang pada saat ini memiliki sebuah profesi menjadi seorang marketing di sebuah perusahaan.

Post a Comment for "Tugas Dan Tanggung Jawab Marketing Dalam Dunia Pekerjaan "