Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjaga Kontak Mata Yang Baik Pada Saat Interview Kerja

Cara menjaga kontak mata - Kesan pertama pada saat menghadapi sebuah wawancara kerja adalah salah satu hal yang sangat perlu didapatkan oleh setiap pelamar kerja, Salah satunya adalah pada saat anda menjaga sebuah kontak mata yang baik bersama seorang Direktur dan HRD.

Dengan menjaga kontak mata pada saat wawancara kerja sedang berlangsung hal tersebutlah yang akan menyebabkan anda akan disukai oleh pihak HRD dan Direktur pada tempat anda melamar pekerjaan.Fakta juga menyebutkan bahwa kontak mata adalah merupakan salah satu interaksi dan komunikasi non-verbal yang dapat menunjukkan sifat kejujuran yang dimiliki oleh seseorang.

Menurut beberapa ahli juga menyebutkan bahwa kontak mata yang baik juga dapat menjadi salah satu sarana bagi seseorang untuk bisa memahami tentang lawan bicara yang sedang dihadapi.Bahkan sangkin pentingnya, Berdasarkan dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa sebuah kontak mata yang baik akan membuat lawan bicara menjadi lebih fokus dan akan mudah tertarik pada sebuah topic pembahasan yang sedang di bicarakan.

Lantas bagaimana cara untuk menjaga kontak mata yang baik pada saat anda menghadapi sesi wawancara kerja ?

Cara Menjaga Kontak Mata Yang Baik Pada Saat Interview Kerja

Meskipun kontak mata sangatlah penting untuk dilakukan, Namun terkadang masih banyak dari masyarakat yang sering mengabaikan hal tersebut.Melakukan sebuah kontak mata juga terdapat beberapa teknik yang perlu untuk anda perhatikan.

Agar anda tidak sampai salah untuk melakukan sebuah kontak mata pada saat menghadapi sebuah wawancara kerja, Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa untuk anda terapkan untuk bisa menjaga kontak mata dengan baik pada saat menghadapi sesi wawancara kerja.

Lakukan kontak mata pada saaat pembicaraan akan dimulai

Pastikan anda melakuakn kontak mata terlebih dahulu kepada Direktur dan HRD sebelum kegiatan wawancara kerja akan dimulai.Dengan demikian anda akan telihat sebagai pribadi yang memiliki sifat percaya diri.

Sebaiknya lakukan kontak mata kurang lebih selama 5 sampai 6 detik

Alangkah baiknya apabila anda tidak melakukan kontak mata secara berlebihan, Sebab hal tersebut justru akan menimbulkan sebuah hal yang kurang begitu nyaman.Alangkah baiknya apabila anda melakukan kontak mata hanya berselang antara 5 sampai 6 detik saja pada saat anda melakukan sebuah kontak mata dengan seorang Direktur dan HRD.

Apabila kontak mata sudah melebihi dari waktu tersebut, Maka anda bisa untuk memandang kearah lain.Dan kembali untuk melakukan sebuah kontak mata.Dan jangan sampai anda mengalihkan sebuah pandangan ke bawah dan ke atas pada saat prosesi wawancara kerja sedang berlangsung.

Lakukan Sebuah Gerakan Gestur Tubuh Yang Lainnya

Apabila anda merasa malu dan tidak berani untuk mengalihkan sebuah pandangan kea rah lain, Maka anda bisa untuk melakukan gesture gerakan lainnya.Misalnya anda menganggukan kepala, Atau menggunakan kedua tangan anda untuk mengespresikan sesuatu hal yang masih berkaitan dengan sebuah topic yang sedang anda bicarakan.

Alihkan Pandangan Secara Perlahan

Apabila anda memutuskan untuk ingin mengalihkan sebuah pandangan, Maka anda tidak boleh untuk melakukannya secara cepat.Lakukanlah hal tersebut secara perlahan dan se-alami mungkin agar seorang Direktur atau HRD tidak menjadi curiga dengan apa yang anda lakukan.

Sebab dengan anda mengalihkan sebuah pandangan kontak mata secara cepat, Tentunya hal tersebut hanya akan memperlihatkan bahwa anda sedang cemas dan grogi.Namun apabila anda benar-benar sedang grogi, Maka anda bisa untuk mengalihakan sebuah pandangan sesaat agar anda jadi merasa nyaman.

Sering Melakukan Sebuah Kontak Mata Pada Saat Mendengarkan

Salah satu kunci sukses pada saat anda menjaga sebuah kontak mata dengan seorang HRD dan Direktur adalah ketika anda sedang mendegerkan dengan seksama tentang sesuatu hal yang disampaikan kepada anda.

Hal ini akan menunjukkan bahwa anda adalah seorang pribadi yang benar-benar fokus dan selalu berkonsentrasi dengan setiap lawan bicara anda.

Melakukan Sebuah Latihan Sebelum Melaksanakan Interview Kerja

Tips terkahir untuk menjaga kontak mata dengan baik adalah anda harus sering-sering untuk melakukan sebuah latihan dalam menghadapi sebuah wawancara kerja salah satunya adalah latihan untuk melakukan sebuah kontak mata, Selain berlatih kontak mata anda juga harus melatih diri anda untuk bisa berkomunikasi dengan baik ketika berinteraksi dengan seorang HRD dan seorang Direktur.

Demikian artikel tentang cara menjaga kontak mata yang baik pada saat interview kerja, Semoga informasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi anda semua, Khususnya untuk kalian yang akan melangsungkan sebuah interview kerja namun masih kebingungan tentang hal-hal apa saja yang mesti untuk dilakukan agar interview kerja dapat membuahkan sebuah hasil yang maksimal.

Post a Comment for "Cara Menjaga Kontak Mata Yang Baik Pada Saat Interview Kerja"